.logoppid1

Berita Badan Publik

Berita PA

  • Kunjungan Tim HATIWASDA PTA Pontianak

    207485043 321744882947083 6005287595145468124 n204742834 321745082947063 5094099881365802680 n

    Senin s/d Rabu, 28-30 Juni 2021, Pengadilan Agama Bengkayang menerima kunjungan Tim HATIWASDA PTA Pontianak. Dalam kunjungannya selama 3 hari, Tim Pengawas Daerah PTA Pontianak melakukan pengawasan pada bidang Manajemen Peradilan, Kinerja Pelayanan Publik, Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan dan Administrasi Umum. Ketua Tim Pengawas, Drs. H. Iri Hermansyah, S.H. banyak memberikan wejangan dan pengetahuan dalam pengawasan ini. Di antaranya adalah beliau berpesan "selagi masih muda jangan lewatkan semua kesempatan/peluang yang menguntungkan meskipun seandainya ditinggalkan tidak merugikan". Hakim Tinggi ini juga mengucapkan terima kasih atas pelayanan yang diberikan oleh seluruh aparatur PA Bengkayang yang menerima dan melayani dengan maksimal. Sedangkan Ketua PA Bengkayang, Muhlis, S.H.I., M.H. mengucapkan terima kasih sebanyak - banyaknyanya atas kunjungan Tim HATIWASDA yang telah banyak memberikan saran, nasehat, masukan terhadap seluruh aparatur PA Bengkayang. Beliau berharap, agar kunjungan dan pengawasan ini bukan menjadi yang terakhir ke PA Bengkayang.

     

     

  • Sebagai Upaya Optimalisasi Layanan Arsip Kepaniteraan, Panitera Muda Hukum PA Bengkayang Gagas Aplikasi SILAKAN

    Sebagai Upaya Optimalisasi Layanan Arsip Kepaniteraan,
    Panitera Muda Hukum PA Bengkayang Gagas Aplikasi SILAKAN

    launching silakan1 min 

    Jum'at, 4 Juni 2021, bertempat di ruang sidang, Muhlis, S.H.I., M.H., Ketua Pengadilan Agama Bengkayang melaunching aplikasi Sistem Informasi Layanan Arsip Kepaniteraan (SILAKAN). Hadir pada acara tersebut Hakim, Panitera, Sekretaris beserta Pejabat Fungsional maupun Struktural, dan semua pegawai serta calon pegawai maupun tenaga honorer/ PPNPN pada Pengadilan Agama Bengkayang.

    launching silakan2 minDiawali dengan pemaparan singkat mengenai tujuan, manfaat serta latar belakang dibuatnya aplikasi SILAKAN kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan peresmian oleh Ketua Pengadilan Agama Bengkayang. Inovasi dari aksi perubahan yang digagas oleh Syarif Firdaus, S.H.I., Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Bengkayang ini sebelumnya telah melalui uji coba pada layanan arsip dan PTSP sebagai garda depan administrasi pengadilan. Pada akhirnya Ketua Pengadilan Agama Bengkayang menyatakan aplikasi tersebut layak untuk digunakan secara massif di lingkungan Pengadilan Agama Bengkayang. Dengan diberlakukannya penggunaan aplikasi SILAKAN menunjukkan bahwa Pengadilan Agama Bengkayang mendukung penuh agenda reformasi birokrasi terlebih pada upaya percepatan pelayanan kearsipan dan perolehan data, sehingga Hakim/ Pegawai maupun masyarakat yang memerlukan informasi berupa data dan atau berkas arsip kepaniteraan dapat dilayani secara cepat, tepat dan akurat, demikian pemarapan beliau dalam sambutannya.

    Dengan mengucapkan bismillah, terhitung sejak Jum’at, 4 Juni 2021 aplikasi SILAKAN dinyatakan resmi digunakan di Pengadilan Agama Bengkayang. Selanjutnya segala sesuatu terkait sarana penunjang aplikasi seperti Surat Keputusan Pemberlakuan Aplikasi, SOP, buku panduan serta lainnya agar segera disiapkan, demikian sambung beliau sekaligus mengakhiri sambutan.

    Sebagai informasi bahwa Sistem Informasi Layanan Arsip Kepaniteraan atau disingkat dengan SILAKAN merupakan aplikasi penataan berkas arsip kepaniteraan untuk memudahkan layanan kearsipan dalam mengelola serta temu kembali berkas arsip yang diperlukan. Bermula dari analisa beberapa kendala yang ditemukan seperti sulitnya menemukan kembali berkas arsip yang ada sehingga pencarian arsip memerlukan waktu yang relatif lama serta arsip mudah hilang karena tidak tersimpan dengan baik maka dengan hadirnya SILAKAN diharapkan semua kendala yang dialami tersebut dapat terselesaikan. (firdaus)

  • Sekretaris Pengadilan Agama Bengkayang Sabet Juara III Nasional Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Tahun 2021

    Sekretaris Pengadilan Agama Bengkayang Sabet Juara III Nasional Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Tahun 2021

    foto berita peringkat III Diklat PKA

          Hendra Tirtana, Sekretaris Pengadilan Agama Bengkayang, berhasil meraih juara III Nasional Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan  IV yang diadakan oleh Pusdiklat Mahkamah Agung RI bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Tahun 2021. Informasi tentang Sekretaris PA Bengkayang meraih peringkat III ini diperoleh dari pengumuman di instagram pusdiklat.menpim.ma.1, Senin, 31 Mei 2021.

           Ketua Pengadilan Agama Bengkayang, Muhlis, S.H.I., M.H.  menyatakan turut bangga dan mengucapkan selamat dengan capaian dari Sekretaris tersebut. Beliau menyatakan agar raihan ini dapat dijadikan pelecut untuk semakin memajukan Pengadilan Agama Bengkayang. “Raihan yang diperoleh oleh Bapak Sekretaris ini menunjukkan kualitasnya sebagai pimpinan di bagian kesekretariatan Pengadilan Agama Bengkayang. Selain itu, capaian ini turut mengharumkan nama PA Bengkayang di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Pontianak dan Mahkamah Agung”.

           Paparan Muhlis tersebut, turut diamini oleh Wakil Ketua PA Bengkayang, Sobari, S.H.I. Menurut beliau sebagai mentor Sekretaris dalam Diklat PKA turut bangga dengan capaian ini. “ Selamat atas capaian yang diraih. Mudah2an mendapat berkah dari Allah SWT” pungkas Bapak dari 3 anak ini.

           Sementara Hendra Tirtana menyatakan bahwa raihan ini sejatinya bukan murni dari kinerja pribadinya, Tapi berkat bantuan dari Bapak Ketua, Bapak Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkayang, khususnya Tim IT dan seluruh peserta Diklat PKA. “Penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkayang. Berkat bantuan mereka, saya dapat menyelesaikan Diklat Kepemimpinan Administrator dan meraih hasil maksimal khususnya ketika menyelesaikan proyek perubahan, Si-TIRTANA (Sistem Informasi Tata Laksana). Selain itu saya ucapkan terima kasih tak terhingga kepada Isteri dan anak-anak tercinta yang turut berjasa besar dan penuh pengertian dalam membantu penyelesaian Diklat” Tukas bapak asli Pontianak ini.

    Selamat Sekeretaris….

  • Percepat Pemulihan Database SIPP MA, Pengadilan Agama Bengkayang Lakukan Backup dan Pengiriman Database

    Percepat Pemulihan Database SIPP MA, Pengadilan Agama Bengkayang Lakukan Backup dan Pengiriman Database

    sosialisasi dan monev percepatan pemulihan db SIPP MA
    Sosialisasi dan Monitoring Backup Pemulihan Database
    Server SIPP Mahkamah Agung oleh PTA Pontianak
     

    Sejak beberapa minggu yang lalu server SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) Mahkamah Agung mengalami kendala dalam penyajian data perkara, hal ini tentunya sangat menyulitkan bagi pihak berkepentingan untuk memperoleh data yang diperlukan. Meskipun setiap satuan kerja telah memiliki SIPP berbasis website namun tidak dipungkiri kehadiran SIPP Mahkamah Agung sangat membantu dalam proses pencarian data dengan skala nasional.

    Sebagai upaya percepatan pemulihan data server Mahkamah Agung tersebut Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama telah mengeluarkan surat dengan nomor 1708/DjA.3/HM.00/5/2021 tanggal 23 Mei 2021 yang menginstruksikan kepada seluruh satuan kerja pada peradilan agama untuk melakukan backup dan pengiriman data lokal SIPP ke server Mahkamah Agung. Setiap satuan kerja diberi waktu maksimal sampai dengan 30 Mei 2021 pukul 16.00 WIB, selanjutnya kegiatan pengumpulan data tersebut dimonitoring dan evaluasi oleh Pengadilan Tinggi Agama.

    percepatan pemulihan database berhasilPada hari yang sama, Jum’at (28 Mei 2021) sebagai tindaklanjut instruksi Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tersebut Pengadilan Agama Bengkayang melalui admin SIPP Syarif Firdaus, S.H.I. telah berhasil melakukan proses backup serta pengiriman database SIPP lokal Pengadilan Agama Bengkayang ke server Mahkamah Agung melalui instrumen yang telah disediakan oleh Tim Development SIPP Mahkamah Agung dan melaporkan kepada tim monitoring dan evaluasi PTA Pontianak untuk selanjutnya diteruskan kepada Ditjen Badilag cq. Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Agama.

    Melalui kegiatan sosialisasi dan monitoring yang dilakukan oleh PTA Pontianak melalui telekonfren (28 Mei 2021) yang dihadiri oleh seluruh Panitera, Panitera Muda Hukum serta admin TI dan SIPP Pengadilan Agama se-Kalimantan Barat berharap dalam waktu dekat server SIPP Mahkamah Agung dapat beroperasional seperti sediakala. (firdaus)

  • PA Bengkayang Laksanakan Apel Perdana Pasca Libur Lebaran Idul Fitri

    PA Bengkayang Laksanakan Apel Perdana Pasca Libur Lebaran Idul Fitri

    apel pasca idul fitri 3

    Senin, 17 Mei 2021, Pengadilan Agama Bengkayang mengadakan apel perdana pasca libur idul fitri.  Apel ini diikuti oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkayang. Pembina apel dalam kegiatan ini adalah Sekretaris Pengadilan Agama Bengkayang, Hendra Tirtana. Dalam amanatnya, Sekretaris menyampaikan pesan Pimpinan Pengadilan Agama Bengkayang yaitu ucapan Minal Aidin walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selain itu, Pimpinan juga mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada seluruh aparatur karena telah hadir mengikuti apel dan masuk kerja sehingga kedisiplinan aparatur Pengadilan Agama Bengkayang untuk melaksanakan program baik dari Mahkamah Agung maupun dari Pengadilan Agama Bengkayang dapat terus diaplikasikan.  

    Selain itu, pembina apel juga menyatakan agar seluruh aparatur untuk langsung tancap gas dalam bekerja, terutama dalam mengerjakan program-program yang dicanangkan Mahkamah Agung dan Badilag, seperti Akreditasi Penjaminan Mutu  (APM) dan Zona Integritas (ZI). Dalam kesempatan ini, Pembina apel juga mengajak kepada seluruh peserta apel untuk mendoakan agar aparatur yang tidak mengikuti apel dan tidak masuk kerja pada hari senin ini diberi kesehatan. Demikian pula,  keluarga dari seluruh aparatur yang sedang sakit juga sehat-walafiat.

    apel pasca idul fitri 4

    Pasca apel, dilakukan halal bihalal pimpinan dengan seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkayang dengan saling bersalaman dan menyatukan tekad untuk bekerja lebih baik ke depannya dengan melaksanakan seluruh program yang telah dicanangkan.

    Muhlis, S.H.I., M.H., Ketua Pengadilan Agama Bengkayang mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk membina dan mendekatkan relasi antar aparatur sehingga tidak ada sekat antar seluruh aparatur. Selain itu, kegiatan ini juga untuk merefresh program-program kegiatan yang telah direncanakan selama setahun sehingga para aparatur dapat terus termotivasi untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut.

    Menurut ketua yang baru lulus fit n proper test calon pimpinan Pengadilan Agama Kelas IB ini, kegiatan apel ini sejatinya merupakan rutinitas yang dilaksanakan oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkayang setiap senin pagi dan jum’at sore, namun demikian apel pasca idul fitri ini terasa lebih spesial karena merupakan momen halal bihalal dan menjadi perhatian dari pimpinan Mahkamah Agung dan PTA Pontianak serta Kementerian PAN-RB untuk mengecek sejauh mana tingkat kedisiplinan seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkayang masuk kerja pasca idul fitri. Oleh karena itu, Muhlis sangat mengapresiasi dan berterima kasih terhadap seluruh aparatur yang masuk kerja pada hari ini dan turut berdoa kepada seluruh aparatur yang tidak masuk kerja untuk segera dapat melaksanakan tugas.

    “Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh aparatur yang tetap disiplin masuk pada hari senin, pasca libur idul fitri ini karena turut menjaga marwah Pengadilan Agama Bengkayang sebagai instansi yang konsisten melaksanakan program dari pimpinan di Mahkamah Agung. Atas nama pimpinan Pengadilan Agama Bengkayang, saya ucapkan Minal Aidin Walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin” ungkap Ketua.

    Bravo Pengadilan Agama Bengkayang.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bengkayang

Jl. Basuki Rachmat, Kel. Bumi Emas

Telp: 0561-6305060
Fax: 0561-4431073

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitter : @BengkayangPa

Facebook : Pengadilan Agama Bengkayang

Instagram : pa_bengkayang

Youtube : Pengadilan Agama Bengkayang

Pengadilan Agama Bengkayang@2020