.logoppid1

Berita Badan Publik

Berita PA

  • Bupati Bengkayang Apresiasi Kegiatan Layanan Terpadu Yang Digagas Pengadilan Agama Bengkayang

    BUPATI BENGKAYANG APRESIASI KEGIATAN LAYANAN TERPADU YANG DIGAGAS PENGADILAN AGAMA BENGKAYANG

    terpadu depanKetua Pengadilan Agama Bengkayang, Bersama Bupati dan Plt. Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang

    Senin, 22 November 2021, bertempat di aula gedung satu atap Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang, Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, S.E., M.M. membuka secara resmi kegiatan layanan terpadu kepemilikan status hukum perkawinan dan kependudukan bagi masyarakat Kabupaten Bengkayang kerja sama Pengadilan Agama Bengkayang, Kementerian Agama serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkayang. Hadir pada acara tersebut Forkopimda Kabupaten Bengkayang, Pejabat Eselon Pemerintah Daerah, serta Camat dan Kepala KUA se-Kabupaten Bengkayang. Bupati Bengkayang dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan layanan terpadu yang digagas oleh Pengadilan Agama Bengkayang berkerja sama dengan instansi terkait, hal ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Pengadilan Agama Bengkayang, Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang dalam lingkup administrasi kependudukan, ungkap beliau.

    terpadu sambutanKetua Pengadilan Agama Bengkayang, Muhlis, S.H.I., M.H., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesediaan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang yang telah memfasilitasi kegiatan layanan terpadu tersebut. Layanan yang merupakan kerja sama tiga instansi ini sangat bernilai positif terlebih dalam hal tertib administrasi warga Kabupaten Bengkayang. Selain itu Muhlis, S.H.I., M.H. juga berharap agar kegiatan serupa dapat terlaksana secara berkelanjutan sehingga pada akhirnya semua peristiwa pernikahan warga Kabupaten Bengkayang tercatat dalam dokumen resmi kenegaraan.

    Ucapan terima kasih disampaikan pula oleh Plt. Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang, H. Damsir, S.Ag., baik kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang yang telah memfasilitasi kegiatan layanan terpadu, maupun kepada tim yang sejak pertengahan tahun 2021 telah mempersiapkan kegiatan ini mulai dari pendataan pasangan pernikahan yang belum tercatat oleh Kepala KUA se-Kabupaten Bengkayang maupun tim dari Pengadilan Agama Bengkayang serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkayang sebagai verifikator.


    terpadu penetapan terpadu bukunikah terpadu KK
    Penyerahan Penetapan, Buku Nikah dan Kartu Keluarga Secara Simbolis

    Setelah sambutan-sambutan, Ketua Pengadilan Agama Bengkayang didampingi Wakil Ketua dan Panitera Pengadilan Agama Bengkayang beserta Bupati Bengkayang, Plt. Kepala Kementerian Agama serta Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkayang menyerahkan secara simbolis produk layanan terpadu yang berupa salinan penetapan, buku nikah dan kartu keluarga.

    terpadu fotobersamaterpadu penyerahan
    Foto Bersama dan Observasi Kegiatan Layanan Terpadu oleh Bupati Bengkayang

    Sebagai penutup, kegiatan pembukaan layanan terpadu dirangkai dengan foto bersama dan observasi lapangan oleh Bupati Bengkayang beserta jajarannya terhadap pelaksanaan layanan terpadu baik pada persidangan maupun penyerahan produk. (firdaus)

  • EVALUASI IMPLEMENTASI AKREDITASI PENJAMINAN MUTU 2021; ASSESOR EKSTERNAL BADILAG PUJI KINERJA PENGADILAN AGAMA BENGKAYANG

    EVALUASI IMPLEMENTASI AKREDITASI PENJAMINAN MUTU 2021; ASSESOR EKSTERNAL BADILAG

    PUJI KINERJA PENGADILAN AGAMA BENGKAYANG

                  Assesor Eksternal Badan Peradilan Agama, Rusli, S.H.., M.H. didampingi Abdul Muttalib, S.H. dan Muhammad Firman, A.Md. melakukan assessment eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) di Pengadilan Agama Bengkayang, Rabu s.d. Kamis, 3 s.d. 4 November 2021. Dalam kesempatan ini,  Pimpinan Pengadilan Agama Bengkayang, Ketua dan Wakil Ketua beserta Panitera dan Sekretaris menerima langsung kehadiran Assesor Eksternal di ruang Ketua Pengadilan Agama Bengkayang. Rusli meyampaikan maksud dari kedatangan Tim Assesor adalah untuk mengetahui dan mengecek langsung sejauh mana implementasi APM di Pengadilan Agama Bengkayang.

    BERITA EVALAUSI APM8

    Foto : Tim melaporkan maksud kedatangan assesor ke Pengadilan Agama Bengkayang

    “Sejatinya assesor sudah mengecek eviden-eviden yang telah dikirim pada aplikasi PMP-APM, namun ada beberapa eviden yang belum dapat ditampilkan yang itu menjadi fokus perhatian dari kami agar Tim Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Bengkayang dapat menyelesaikannya. Selain itu, Tim Assesor sebagaimana diperintahkan Badilag,  akan mengecek langsung kesesuaian eviden yang ditampilkan dengan kondisi riil  di lapangan sehingga nanti kami juga akan melakukan wawancara terhadap para tamu layanan”

                     Muhlis, S.H.I., M.H., Ketua Pengadilan Agama Bengkayang menyambut baik kedatangan Tim Assesor. Meskipun kunjungan assesor terkesan dadakan, tanpa info sebelumnya, namun tidak mengurangi kebahagiaan dari seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkayang  dikunjungi dan diperiksa oleh Tim Assesor.

    “Kami sangat berterima kasih dengan kunjungan Tim Assesor Badilag yang telah menyempatkan diri melakukan kunjungan ke Pengadilan Agama Bengkayang.  Semoga dapat memberikan saran dan masukan kepada kami untuk perbaikan Pengadilan Agama Bengkayang” Ucap Muhlis.

                      Selama 2 hari di Pengadilan Agama Bengkayang, Tim Assesor “menguliti” seluruh eviden yang ada dan dikorelasikan dengan data riil di lapangan. Assesor juga melakukan wawancara dengan para aparatur yang bertanggung jawab terhadap pemenuhan eviden. Selain itu, juga dilakukan wawancara dengan masyarakat pengguna layanan tentang aktifitas layanan yang diberikan oleh Tim PTSP PA Bengkayang apakah sudah sesuai prosedur dan bebas dari pungli, gratifikasi serta KKN.

    BERITA EVALAUSI APM112

    Foto : Ketua Tim Assesor Eksternal melakukan wawancara dengan masyarakat pengguna layanan PA Bengkayang

                      Setelah melakukan penelusuran, wawancara serta pemeriksaan berkas-berkas APM, Tim Assesor kemudian mengadakan acara closing meeting Evaluasi Akreditasi Penjaminan mutu, Kamis, 4 November 2021. Dalam kegiatan ini, assesor menyatakan cukup puas dengan usaha, kualitas dan eviden yang ada di Pengadilan Agama Bengkayang karena dari hasil assessment yang dilakukan, hanya ada sedikit temuan yang harus dilengkapi dan ditindaklanjuti. Namun demikian, assesor berpesan jangan pernah puas dengan prestasi dan capaian yang telah diraih, namun harus terus ditingkatkan semaksimal mungkin.

    “Saya sangat mengapresiasi dengan kinerja seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkayang karena sudah berusaha semaksimal mungkin dalam menyelesaikan mayoritas eviden Akreditasi Penjaminan Mutu. Semoga lebih baik ke depannya” Tukas Rusli mewakili Tim Assesor.

                 Sebagai rangkaian akhir acara, Tim Assesor secara simbolis menyerahkan berkas hasil temuan APM kepada Ketua Pengadilan Agama Bengkayang, Muhlis, S.H.I., M.H. dan memberi jangka waktu 1 (satu) bulan untuk menyelesaikan temuan-temuan tersebut.  Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama Tim Assesor dan Seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkayang.

    merge from ofoct

    Foto : Penyerahan simbolis hasil temuan assesor eksternal kepada Ketua PA Bengkayang dan Foto bersama seluruh aparatur dengan assesor

  • Peserta yang dinyatakan lulus seieksi PPNPN

    barcode hasil seleksi

     

    Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi, hadir di Kantor Pengadilan Agama Bengkayang pada hari Senin 1 November 2021 pukul 07.00 WlB.
    Keputusan Panitia Seleksi bersifat final dan tidak dapat di ganggu gugat, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
     

  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Penerimaan PPNPN

    Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Penerimaan PPNPN, Bagi peserta yang lolos diharapkan hadir untuk mengikuti tes berikutnya pada Hari Rabu 27 Oktober 2021, pukul 09.00 WIB

    info lebih lanjut dapat melihat dokumen berikut ini :

    HASIL SELEKSI PPNPN

     

  • PENGUMUMAN PENERIMAAN PPNPN/HONORER DI PENGADILAN AGAMA BENGKAYANG TAHUN 2021

    QR

     

     

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bengkayang

Jl. Basuki Rachmat, Kel. Bumi Emas

Telp: 0561-6305060
Fax: 0561-4431073

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Twitter : @BengkayangPa

Facebook : Pengadilan Agama Bengkayang

Instagram : pa_bengkayang

Youtube : Pengadilan Agama Bengkayang

Pengadilan Agama Bengkayang@2020